Program Sederhana C++ Looping

Program Looping C++
Tipstrik.tk-Postingan kali ini mengenai Program Sederhana C++ Looping atau Perulangan disini akan dijelaskan apa itu looping atau perulangan hingga akan dibagikan source code nya , Langsung cekidot aja.




Pengertian Looping Atau Perulangan

Pengulangan atau yang biasa disebut dengan “Looping” adalah proses melakukan tindakan yang sama secara berulang-ulang atau berkali-kali sampai batas yang telah ditentukan.
Pengulangan digunakan untuk menjalankan satu atau beberapa pernyataan sebanyak beberapa kali.

Jenis-Jenis Looping

proses pengulangan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu :
1.       Pengulangan yang telah diketahui jumlah pengulangannya sebelum pengulangan tersebut dilakukan. Jenis pengulangan ini dilakukan dengan pernyataan FOR.
2.         pengulangan yang belum diketahui jumlah pengulangannya sebelum pengulangan tersebut dilakukan. Yaitu While dan Do-While.
Sebenarnya Untuk pengulangan sangat banyak jenisnya tetapi yang umumnya digunakan ada 3 itu.
A.      For
Pernyataan FOR digunakan untuk menghasilkan pengulangan (looping) beberapa kali tanpa penggunaan kondisi apapun. Pada umumnya looping yang dilakukan oleh for telah diketahui batas awal, syarat looping dan perubahannya.
B.      While
Pernyataan While merupakan salah satu pernyataan yang berguna untuk memproses suatu pernyataan atau beberapa pernyataan beberapa kali.
Pada pernyataan while pengujian terhadap loop dilakukan dibagian awal (sebelum tubuh loop) pengulangan ini banyak digunakan bila jumlah pengulangannya belum diketahui
Proses pengulangan akan terus berlanjut selama kondisinya bernilai benar(true) dan akan berhenti bila kondisinya bernilai salah
C.      Do While
Pernyataan do-while mirip seperti pernyataan while, hanya saja pada do while pernyataan yang terdapat didalamnya minimal akan sekali dieksekusi.Pada pernyataan do-while, tubuh loop berupa pernyataan. Pada pernyataan do, mula-mula pernyataan dijalankan. Selanjutnya , kondisi diuji. Seandainya kondisi benar, maka pernyataan dijalankan lagi, kemudian kondisi diperiksa kembali, dan seterusnya.  Dan Berhenti apabila Kondisi salah
Source Code
A.      For


B.      While

C.      Do While


Semoga Postingan di atas Bermanfaat ,Baca Juga Program While Bersarang

Terima Kasih

Subscribe to receive free email updates:

3 Responses to "Program Sederhana C++ Looping"

  1. Thanks mas atas infonya sangat membantu saya yang tidak begitu mengerti tentang progamming c++

    BalasHapus
  2. dulu pernah belajar c++ tapi masih belum paham juga :D

    ijin buat belajar gan

    BalasHapus