Membuat Form Login di Program Visual Studio 2010 dan Microsoft Access 2013


Melanjutkan tutorial sebelumnya yang mengenai Cara menghubungkan Visual Studio 2010 dengan Access 2013 , kali ini saya akan memberikan tutorial membuat form login di program visual studio 2010. Form login ini diperlukan untuk mencegah pengguna program yang nantinya kita buat tidak bisa diakses oleh sembarang orang.

Pada tutorial kali ini saya sarankan kalian juga sudah mengetahui beberapa fungsi toolbar serta toolbox yang ada di Visual Studio 2010. Jika belum paham mengenai fungsi toolbar dan toolbox yang ada di Visual Studio 2010 silakan baca Mengenal Bahasa Vb.Net melalui Visual Studio 2010.

Langkah langkah :

1.Pertama buat project baru dan tunggu hingga muncul sebuah form baru.
2.Jika sudah muncul silakan buat desain form seperti pada gambar dibawah ini.
Tipstrik.tk
Keterangan : Terdiri dari 2 Button , 2 textbox serta 2 label , nama dari kesemua tool tadi tidak usah diganti biar mudah tapi jika kalian ingin bereksperimen silakan ganti sesuka hati.

3. Lalu klik 2 kali pada tool button Login , maka akan muncul tampilan baru seperti gambar berikut . Jangan lupa kopas kode dibawah ini .
Tipstrik

Source code Button Login :


Keterangan :

pada tulisan select*form silakan ganti kata admin dengan nama tabel database , saya sarankan sebelum membaca artikel ini baca artikel sebelumnya mengenai cara membuat database melalui Microsoft Access 2013.

Source Code button Close :


Mengkoneksikan Form Login dengan Database

Jika kalian sudah membuat form login kalian tentu ingin supaya form login tersebut berjalan sebagaimana mestinya . Pada langkah ini saya akan langsung menjelaskan cara menghubungkan Form Login dengan Access 2013 .

1. Letakkan code  Imports System.Data.OleDb tepat diatas Public Class , lalu jangan lupa tambahkan sub koneksi sebagaimana telah saya jelaskan pada tutorial sebelumnya .

2. Jika sudah simpan form login tersebut dan jangan lupa di running untuk melihat hasil nya. Jika sudah benar maka akan tampil seperti berikut .
Tipstrik.tk

tipstrik.tk

Sampai sini saja tutorial cara membuat Form login di Visual studio 2010 , pada tutorial selanjutnya saya akan memberikan langkah -langkah membuat Program Aplikasi Rental Mobil dengan Visual Studio 2010 dan Access 2013 , jadi tetap cek terus tipstrik.tk

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Membuat Form Login di Program Visual Studio 2010 dan Microsoft Access 2013"