Perintah DDL dan Contoh Impelementasinya

Sebelumnya kita sudah mengenal apa itu SQL serta 3 sub Perintah nya yaitu DDL, DML dan DCL. Kali ini sesuai janji , mimin akan memberikan implementasi atau contoh dari perintah DDL tersebut dengan membuat database , tabel dan memberi attribut pada field tersebut.

Baca Juga Mengenal Bahasa SQL dan 3 sub Perintah SQL

 Sebelum melakukan proses codingnya di laptop kalian harus tersedia aplikasi MySQL ataupun lainnya yang tersedia service SQL nya. Mimin disini cukup menggunakan Xampp yang merupakan web server yang memang sangat mudah digunakan bagi pemula yang ingin belajar mengenai Web Service. Selain gratis aplikasi ini juga sangat ringan sehingga menjadi aplikasi yang cukup populer dikalangan para Blogger ataupun programmer .


Baiklah langsung saja kita lakukan implementasi perintah DDL , Buka aplikasi SQL kalian . Untuk mimin sendiri menggunakan Command Prompt . Meski lebih rumit dibandingkan aplikasi lain yang telah didukung Gui , dengan CMD kita bisa lebih mengenal bahasa SQL .


1. Buka CMD , lalu masuk ke direktori Xampp kalian

Perintah DDL - Tipstrik.tk

Note: bila tidak tau caranya keluar direktori silakan liat screenshots dibawah . perintah "cd.." untuk keluar direktori sedangkan utk cd untuk masuk direktori.

2. Jika sudah masuk silakan ketikkan perintah "mysql -u root" untuk mengaktifkan aplikasi SQL, sebelumnya kalian harus mengaktifkan service SQL dahulu.
Perintah DDL - Tipstrik.tk

3. Jika sudah mari kita melakukan implementasi perintah DDL yang telah diperkenalkan pada artikel sebelumnya.

IMPLEMENTASI DDL dengan CMD

1. Create

Buat database:

  • Create database nama_database;
Perintah DDL - Tipstrik.tk

Nanti akan ada notifikasi Query berhasil dijalankan , jika sudah dan ingin melakukan pengecekan bisa menggunakan perintah Show databases; . Jika memang sudah tersedia silakan masuk ke database dengan menggunakan perintah Use nama_database;.

Buat tabel :
Perintah DDL - Tipstrik.tk

  • Create table nama_tabel (
  • kolom1 tipe_data 
  • kolom2 tipe_data );

Jika ingin melihat apakah perintah tadi sudah benar atau apakah tabel sudah berhasil dibuat bisa menggunakan perintah desc nama_tabel;.

2. Alter

Menambahkan attribut primary key :

  • alter table nama_tabel add primary key id(nama_field);

Melakukan edit nama data pada field :

  • alter table nama_tabel modify nama_field/kolom tipedata_baru;

Perintah DDL - Tipstrik.tk

3. Drop

Hapus tabel :
Perintah DDL - Tipstrik.tk


  • Drop table nama_tabel;
Hapus Database :
Perintah DDL - Tipstrik.tk

  • Drop database nama_database;
Itu dia Implementasi sederhana dari 3 perintah penting pada DDL atau Data Definition Language. Nantikan tutorial SQL lainnya hanya di Tipstrik. Terima Kasih


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Perintah DDL dan Contoh Impelementasinya"

  1. Bisa tidak buat aplikasi web dgn php yang ada datbse nya atau terhubung ? Sederhana gpp

    BalasHapus