Menghubungkan MySQL dan PHP untuk Membuat Peta di Google Maps Terbaru

Sejak dirilis 13 tahun silam , Google Maps kian meningkatkan fungsi dan fitur yang ada sehingga sangat sesuai dengan apa yang dibutuhkan user. Bisa mencari lokasi yang diinginkan, ataupun sekedar melihat kondisi jalan yang macet atau tidak. Namun bagi seorang yang bergelut di IT fungsi diatas adalah fungsi umum. Tak jarang bahkan programmer menggunakan Google Maps dalam projeknya untuk membuat contact person ataupun sekedar memberitahu lokasi yang diinginkan. Meski tampak mudah, bagi para pemula menghubungkan MySQL dan PHP dalam membuat peta cukup sulit, hal inilah yang akan saya jelaskan pada artikel ini walaupun sudah ada tutorial di website resminya namun perubahan yang terjadi cukup cepat sehingga ada beberapa pemula yang tidak dapat mengikuti perubahan cepat tersebut. Baca Juga Using MySQL and PHP with Google Maps

Langkah Langkah Membuat Peta dengan Menghubungkan MySQL, PHP, Google Maps:

1. Membuat Database, Table dan Masukkan data

Hal yang pertama mesti dilakukan adalah membuat database, kalian bisa memberikan nama database Google Maps atau apapun. Setelah itu membuat table untuk menampung data kordinat yang akan dipanggil pada Google Maps nantinya. Untuk simple nya silakan copas query SQL dibawah ini untuk membuat table dan memasukkan data.

Membuat Table


Memasukkan Data


2. Membuat File Maps.php

Buka text editor kalian baik berupa notepad, notepad++, sublime ataupun text editor lainnya. Lalu copykan coding dibawah ini:
Maps.php


Pada bagian koneksi mysql, jika kalian menggunakan web service xampp biasanya cukup menggunakan username root tanpa password jadi cukup menghapus $username, $password ganti menjadi root. Lalu pada bagian set active database, ganti namadatabase dengan nama database anda sendiri. Sesudah itu sebagai catatan, bila versi PHP anda yang masih lawas biasanya akan error karena perbedaan query. Tapi jangan khawatir cukup hapus huruf i dibagian mysqli sehingga menjadi mysql maka error tersebut akan terselesaikan.

3. Membuat File Index.html

File Index ini merupakan file inti yang digunakan untuk memunculkan query yang ada pada file maps.php tadi.
index.html


Setelah itu save dan buka dibrowser anda. Biasanya akan terjadi error dengan pesan Oops bla bla bla. Jangan khawatir itu artinya code anda sudah benar namun yang salah adalah karena anda belum memiliki Api Key. Silakan mendaftar untuk mendapatkan Api Key secara gratis dengan klik link ini. Jika kalian sudah mendapatkan Api Key tinggal menggantinya dengan cara searching di file index YOUR_API_KEY lalu hapus dan pastekan Api Key yang telah didapat tadi. Satu lagi, bila kalian ingin mengganti nama file php tadi atau nama file php anda tidak sama dengan di tutorial ini masih bisa dihubungkan dengan mengganti nama file yang terdapat pada function downloadUrl. Itu saja tutorial singkat mengenai bagaimana menghubungkan MySQL , PHP dan Google Maps untuk membuat peta lengkap dengan Marker atau tandanya. Bila ada yang error bisa berkomentar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menghubungkan MySQL dan PHP untuk Membuat Peta di Google Maps Terbaru"

Posting Komentar